Cari Artikel Disini

13 Oktober 2008

Menjaga Jantung yang Sakit

Nama : Rizky Gunawan

Kelas : 9E

Untuk menjaga jantung yang sakit perlu petunjuk dari dokter, dimana hal ini harus dijalankan oleh si sakit atau oleh keluarganya yang berkewajiban untuk menjaga si sakit.

Penderita PJO (Penyakit Jantung Organik) yang memerlukan perawatan di rumah sakit adalah penderita PJO tingkat IV dan kadang-kadang tingkat III, atau PJO yang disertai dengan penyakit lain, dimana hal ini dapat memberatkan keadaan jantungnya, misalnya penyakit infeksi dan terutama pada jalan napas.

Sehubungan dengan usaha menjaga jantung yang sakit ini, berlaku juga mengenai pemeliharaan jantung yang sehat, antara lain sebagai berikut:

a) Tercipta dan terpeliharanya lingkungan hidup yang segar, bersih, dan aman serta lingkungan dan rumah tangga yang tenang, damai, dan berbahagia, mungkin sibuk dengan pekerjaan, tetapi “sepi ing pamrih”.

b) Terpeliharanya keseimbangan antara pekerjaan dan istirahat serta waktu tidur, keseimbangan antara banyaknya pekerjaan di satu pihak dan makanan serta minuman di lain pihak, serta antara penghasilan dan pengeluaran.

c) Tercegahnya hal-hal yang dapat mendatangkan ketegangan batiniah dengan bekerja sebaik mungkin, sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya, bertindak adil, jujur, dan ikhlas serta berusaha supaya jangan sampai dengan sengaja menjadi sumber ketegangan batiniah bagi orang lain.

Aktivitas fisik penderita PJO, harus senantiasa disesuaikan dengan tingkatan PJO yang dideritanya, supaya jangan sampai batas kekuatan jantung yang sudah sakit itu dilampaui sehingga terjadi keadaan payah jantung.

Harus diusahakan jangan sampai dekompensasi jantung. Dekompensasi jantung adalah karena jantung sudah sakit dan bekerja sampai batas kekuatannya, masih dipaksa untuk bekerja lebih keras.


Obat-obat yang Sering Dipergunakan pada Penderita PJO

a) Obat-obat dari Golongan Digitalis

Digitalis purpurea ialah suatu tanaman yang sejak lebih dari satu abad, daunnya dipergunakan untuk mengobati orang yang busung dan kemudian juga dipergunakan untuk mengobati penderita penyakit jantung. Khasiat daun ini bersumber pada adanya glykoside di dalamnya, yang kemudian telah dapat dipisahkan dari daunnya dan kini dapat di buat secara sintetis, dan juga dipergunakan secara langsung sebagai pengganti daun yang asli. Untuk gampangnya obat-obat ini disebutkan saja sebagai obat-obat golongan digitalis.

Khasiat obat-obat ini adalah :

1) Menghambat bangkitnya pacuan jantung dalam simpul sinus dan juga menghambat kecepatan menyebarnya pacuan tersebut ke seluruh otot jantung. Karena khasiat ini denyut jantung menjadi lebih lambat.

2) Memperkuat otot jantung sehingga dapat menguncup lebih kuat.

b) Obat-obat dari Golongan Diuretika

Diuretika ialah obat-obat yang dapat menggiatkan terjadinya air kencing dalam ginjal. Ada diuretika yang berupa obat untuk dimakan, ada juga obat suntik, ada juga yang berkhasiat dengan cepat, ada yang berkhasiat lambat, ada yang harganya murah, sedang atau mahal.

Poskan Komentar

SEJARAH LAHIRNYA MU'TAZILAH

Peristiwa terbunuhnya Utsman bin Affan, khalifah ketiga, pada 666 M, di Madinah dalam pertentangan yang terjadi dengan tentara yang dat...

Daftar Blog Saya

  • MEMELIHARA PERSAUDARAAN - Salah satu ajaran pokok dalam Islam ialah bahwa manusia itu berasal dari satu keturunan, yaitu keturunan Nabi Adam as. Berbedanya bangsa dan bahasa, tidak ...
  • Poltergeist (2015) - From the legendary 1982 film directed by Tobe Hooper with an all star cast JoBeth Williams, Heather O'Rourke, Craig T. Nelson comes an even thrilling horro...

Google+ Followers

Join this Site