[Asma'ul Husna] asy-Syakur - Banyak Berterima Kasih

18 Januari 2013

[Asma'ul Husna] asy-Syakur - Banyak Berterima Kasih

Sifat asy-Syakur, yang banyak berterima kasih. Bagi orang mukmin mempercayai salah satu sifat Allah adalah asy-Syakur yang terdapat dalam salah satu dari al-Asma’ul Husna (الاسماء الحسنى). Allah Maha Mensyukuri atau berterima kasih, artinya bahwa Allah mensyukuri hamba-hamba-Nya, mema’afkan kesalahannya dan menambah nikmat-Nya. Hal ini memberikan pengertian, bahwa Allah SWT saja yang Maha Kuasa, Maha Memberi Nikmat terhadap para hamba-hamba-Nya, maka seharusnyalah para hamba yang diberikan banyak kenikmatan atas karunia-Nya lebih banyak berterima kasih kepada yang Maha Pemberi Nikmat, yaitu Allah SWT. Allah SWT telah memberikan maklumat, bahwa bagi orang yang bersyukur pasti akan diberi tambahan kenikmatan, dan sebaliknya bagi orang yang mengkufuri nikmat-Nya akan mendapatkan siksa yang amat pedih. Firman Allah dalam surat Ibrahim ayat 7 menyatakan:
øŒÎ)ur šc©Œr's? öNä3š/u ûÈõs9 óOè?öx6x© öNä3¯RyƒÎV{ ( ûÈõs9ur ÷LänöxÿŸ2 ¨bÎ) Î1#xtã ÓƒÏt±s9
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.
Allah memberikan karunia berupa angin, kapal dapat berlayar di lautan agar para hamba dapat mencari karunia itu, sehingga mereka berterima kasih kepada-Nya. Surat ar-Rum ayat 46 menyatakan:
ô`ÏBur ÿ¾ÏmÏG»tƒ#uä br& Ÿ@Åöãƒ yy$tƒÌh9$# ;NºuŽÅe³t6ãB /ä3s)ƒÉãÏ9ur `ÏiB ¾ÏmÏFuH÷q§ y̍ôftGÏ9ur à7ù=àÿø9$# ¾Ín̍øBr'Î/ (#qäótGö;tGÏ9ur `ÏB ¾Ï&Î#ôÒsù ö/ä3¯=yès9ur tbrãä3ô±n@
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari rahmat-Nya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya dan (juga) supaya kamu dapat mencari karunia-Nya; mudah-mudahan kamu bersyukur.
Dalam surat al-Jatsiyah ayat 12 dinyatakan:
ª!$# Ï%©!$# t¤y â/ä3s9 tóst7ø9$# y̍ôftGÏ9 à7ù=àÿø9$# ÏmÏù ¾Ín̍øBr'Î/ (#qäótGö;tGÏ9ur `ÏB ¾Ï&Î#ôÒsù ö/ä3¯=yès9ur tbrãä3ô±s?
Allah-lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizin-Nya dan supaya kamu dapat mencari karunia -Nya dan mudah-mudahan kamu bersyukur.
Demikian itulah Allah mengharapkan para hamba-Nya bersyukur atas karunia-Nya dengan jalan Allah menyebut diri-Nya amat bersyukur karena memberi nikmat, dan menunjukkan beberapa karunia yang telah diberikan kepada para hamba-Nya. Jika Allah saja Yang Maha Pemberi nikmat bersyukur, maka terlebih lagi para hamba yang diberikan nikmat daripada-Nya wajib lebih bersyukur atas karunia kenikmatan yang diterimanya. Dengan cara, antara lain memanfaatkan karunia secara benar atas jalan Allah, melaksanakan semua perintah dan menjauhkan segala larangan-larangan Allah, pemberi nikmat tersebut.
Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa. Amiin...

Share:

Google+

Diberdayakan oleh Blogger.