Cari Artikel Disini

14 November 2014

Praktik Pengalaman Lapangan pada Fakultas Tarbiyah

 A.     Pengertian Praktik Pengalaman Lapangan
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Tarbiyah diawali dengan pembekalan (coaching). Selain itu mahasiswa telah mengikuti perkuliahan microteaching selama satu semester.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan belajar mahasiswa yang dilakukan di lapangan untuk mengintegrasikan pengetahuan teoritis yang diperoleh di kampus dengan pengalaman praktik di lapangan, sehingga target khusus yang merupakan target kompetensi program studi dapat tercapai. Kegiatan tersebut meliputi pembelajaran dan pengelolaan administrasi di sekolah. Latihan Praktik Pembelajaran adalah latihan melaksanakan kegiatan pembelajaran oleh mahasiswa di dalam kelas, mulai dari membuat perencanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan dan penilaian. Sedangkan Praktik Pengelolaan Administrasi adalah latihan melaksanakan tugas-tugas PPL ini mahasiswa dipandu oleh pihak sekolah (Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Kepala TU dan Guru Pamong), dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

B.     Target Praktik Pengalaman Lapangan
Target yang diharapkan tercapai melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini adalah terbentuknya pribadi mahasiswa Fakultas Tarbiyah sebagai calon guru yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, personal maupun sosial.
1.      Kompetensi Pedagogik
Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengelolaan kelas, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi ini meliputi pelaksanaan tugas-tugas pembelajaran di dalam kelas, mulai dari penyusunan rencana pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, melakukan penilaian proses dan hasil belajar melalui pelaksanaan sejumlah ketrampilan mengajar. Dalam kompetensi ini, target minimal yang harus dimiliki mahasiswa setelah mereka melaksanakan PPL adalah :
-          Mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
-          Mampu melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan rencana yang telah disusun
-          Mampu mengelola pengorganisasian waktu dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas secara kreatif, dinamis dan dialogis.
-          Mampu menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan
-          Mampu melaksanakan kegiatan evaluasi proses dan hasil belajar
-          Mempunyai komitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
2.      Kompetensi Profesional
Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Target minimal yang harus dimiliki mahasiswa praktikan setelah mereka melaksanakan PPL adalah :
-          Menguasai bidang studi/materi yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya
-          Mampu mengembangkan materi pokok
-          Mampu menggunakan materi penunjang
-          Mampu merencanakan dan melaksanakan program remedial dan pengayaan
-          Mampu mengkontekstualkan materi pokok dengan kehidupan sehari-hari sesuai dengan bidang studi masing-masing.
3.      Kompetensi Kepribadian
Kompetensi personal adalah kompetensi yang berhubungan dengan sikap dan kepribadian yang harus dimiliki oleh mahasiswa sebagai calon guru. Dalam kompetensi ini, target minimal yang harus dimiliki mahasiswa setelah mereka melaksanakan PPL adalah :
-          Menunjukkan sikap dewasa dalam berfikir dan bertindak
-          Memiliki perilaku sopan dan bertutur kata
-          Menunjukkan rasa tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan tugas
-          Memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan kewajiban
-          Mampu menampilkan diri sebagai calon guru pendidikan agama Islam, guru Bahasa Arab, tenaga kependidikan Islam, guru bahasa Inggris, guru Matematika, guru Fisika, guru Biologi dan guru Kimia.
4.      Kompetensi Sosial
Kompetensi sosial adalah kompetensi mahasiswa sebagai calon guru yang berhubungan dengan cara menempatkan diri dalam lingkungan sekolah latihan maupun cara menjalin hubungan dengan orang lain. Target minimal yang diharapkan dimiliki oleh para mahasiswa praktikan adalah :
-          Mampu berkomunikasi secara baik dengan orang lain (Panitia PPL, Dosen Pembimbing Lapangan, Kepala Sekolah, Guru Pamong, Guru, Siswa, Komite Sekolah/Madrasah, orang tua, dan masyarakat sekitar sekolah).
-          Mampu bekerjasama dengan seluruh komponen sekolah latihan maupun antar mahasiswa praktikan
-          Berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak fakultas, sekolah latihan dan kelompok praktikan.
-          Selain itu sebagai seorang calon guru harus memahami dan berpedoman kepada kode etik guru.

SEJARAH LAHIRNYA MU'TAZILAH

Peristiwa terbunuhnya Utsman bin Affan, khalifah ketiga, pada 666 M, di Madinah dalam pertentangan yang terjadi dengan tentara yang dat...

Daftar Blog Saya

  • MEMELIHARA PERSAUDARAAN - Salah satu ajaran pokok dalam Islam ialah bahwa manusia itu berasal dari satu keturunan, yaitu keturunan Nabi Adam as. Berbedanya bangsa dan bahasa, tidak ...
  • Poltergeist (2015) - From the legendary 1982 film directed by Tobe Hooper with an all star cast JoBeth Williams, Heather O'Rourke, Craig T. Nelson comes an even thrilling horro...

Google+ Followers

Join this Site