Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Matematika menurut MC. Keachie

20 November 2014

Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Matematika menurut MC. Keachie

Kenyataannya banyak peserta didik yang sulit untuk mengerti pelajaran matematika, selain itu mereka juga takut bertanya pada guru. Oleh karena itu, model pembelajaran tutor sebaya perlu digunakan dalam pembelajaran matematika. Dengan penggunaan model pembelajaran tutor sebaya ini, diharapkan peserta didik mampu mengerti materi matematika yang diajarkan.
Kegiatan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran tutor sebaya akan menimbulkan perilaku peserta didik yang aktif dan kritis serta dapat memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada. MC. Keachie mengemukakan 6 aspek terjadinya keaktifan peserta didik.
  1. Partisipasi peserta didik dalam menetapkan tujuan kegiatan pembelajaran.
  2. Tekanan pada aspek afektif dalam belajar.
  3. Partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, terutama yang berbentuk interaksi antar peserta didik.
  4. Kekompakan kelas sebagai kelompok belajar.
  5. Kebebasan belajar yang diberikan pada peserta didik, kesempatan untuk berbuat serta mengambil keputusan penting dalam proses pembelajaran.
  6. Pemberian waktu untuk menanggulangi masalah pribadi peserta didik, baik berhubungan maupun tidak berhubungan dengan pembelajaran.
Share:

Google+

Diberdayakan oleh Blogger.